Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Verifikasi Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri (PDN) dan Penggunaan Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) pada Balai/Satker melalui i-eMonitoring PUPR pada Seluruh Wilayah Kerja Balai Jasa Konstruksi Wilayah Ditjen Bina Konstruksi


Pelaksanaan Verifikasi Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri (PDN) dan Penggunaan Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) pada Balai/Satker melalui i-eMonitoring PUPR pada Seluruh Wilayah Kerja Balai Jasa Konstruksi Wilayah Ditjen Bina Konstruksi Tahun 2023 oleh Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi telah dilaksanakan selama periode Februari-Maret 2023 di 7(tujuh) kota secara regional.

Pelaksanaan kegiatan sejalan dengan instruksi Bapak Presiden RI, Joko Widodo, melalui Inpres No.2 Tahun 2022 dimana seluruh K/L/D/I dan BUMN untuk membelanjakan anggaran negara sekurang-kurangnya sebesar 40% untuk produk UMKK dan minimal Rp.400 Triliun untuk Produk Dalam Negeri/PDN.

Pada Tahun 2023, komitmen belanja PDN Kementerian PUPR naik menjadi Rp.118,94 Triliun atau 95% dari PAGU TA 2023. "Menyikapi hal tersebut maka dukungan seluruh jajaran satker/PPK untuk benar-benar mengendalikan kegiatan pada seluruh paket-paket pekerjaan. Pengadaan barang impor atau Tenaga Kerja Asing/TKA semuanya harus diproses sesuai prosedur yang telah ditetapkan" tegas Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Nicodemus Daud.

Kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk memastikan komitmen mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, hingga pelaksanaan. Melalui aplikasi i-eMonitoring PUPR maka seluruh data rencana belanja dan penggunaan sumber daya material dan peralatan konstruksi/ MPK seluruh Unit Organisasi di Kementerian PUPR dapat terpantau dan dipertenggungjawabkan.  (red)