Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Sustainable Construction Episode 1 Seminar: Carbon Net Zero Mainstreaming Construction in Indonesia


Terselenggaranya IndoBuildTech Expo 2023 yang bertempat di ICE BSD, PT. Tatalogam Lestari melaksanakan seminar dengan tema: Sustainable Construction Episode 1 Seminar: Carbon Net Zero Mainstreaming Construction in Indonesia. Hadir sebagai salah satu Keynote Speaker yaitu Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Nicodemus Daud. Adapun materi keynote speech yang disampaikan Nicodemus Daud yaitu: Taksonomi Hijau Indonesia (THI) Sektor Konstruksi, Rantai Pasok Sumber Daya Material dan Peralatan Konstruksi, serta Persyaratan Karbon Netral pada Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi.

Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Nicodemus Daud, menerangkan tahun 2017 Indonesia berada di daftar 10 besar Negara penghasil karbon terbanyak di dunia. Indonesia menyumbang 275,4 megaton karbondioksida (mega-ton CO2). Dari jumlah tersebut, penyumbang terbesarnya adalah industri yang di dalamnya termasuk pertanian, peternakan, dan konstruksi.

“Solusi atas tantangan tadi adalah pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Tantangan dan solusi ini kemudian harus diimplementasikan di lapangan. Caranya dengan menerapkan pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan dan berkelanjutan pada semua paket-paket pekerjaan PUPR,” kata Nicodemus menjelaskan. (red)