Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Rapat Persiapan Temu Bisnis (Business Matching) Aspal Buton di Wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur


Menindaklanjuti Forum Temu Bisnis (Business Matching) Sumber Daya Material dan Peralatan Konstruksi yang telah diselenggarakan pada tanggal 30 Mei 2023 lalu di Yogyakarta, Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi melaksanakan Rapat Persiapan Temu Bisnis (Business Matching) Aspal Buton di Wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur pada hari Senin (12/6) melalui zoom meeting. Dalam kegiatan ini mengundang Direktorat Jenderal Bina Marga, Asosiasi Pengembang Aspal Buton Indonesia (ASPABI), serta Penyedia Jasa paket pekerjaan yang menggunakan Asbuton khususnya di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi, Nicodemus Daud. Beliau mengatakan bahwa rapat persiapan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (GERNAS BBWI) Tahun 2023 dimana pada saat kegiatan harvesting nantinya, akan dilakukan penandatanganan komitmen antara penyedia jasa dengan produsen yang rencananya akan disaksikan oleh Bapak Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. “Saat ini, Bapak Dirjen Bina Konstruksi sudah melaporkan semua persiapan dalam rangka pelaksanaan GERNAS BBI dan Gernas BBWI di Yogyakarta yang direncanakan pada tanggal 22-23 Juni 2023” kata Nicodemus Daud dalam sambutannya.

Pada Forum Temu Bisnis (Business Matching) Sumber Daya Material dan Peralatan Konstruksi yang lalu telah dipertemukan PPK, Penyedia Jasa dan Supplier untuk 11 paket pekerjaan preservasi dan/atau pembangunan jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR yang telah terkontrak. Terdapat penyesuaian kebutuhan penggunaan aspal buton pada beberapa paket pekerjaan jalan, dari total 9.419 ton menjadi 6.927 ton. Melalui kegiatan ini diharapkan diperoleh kesepakatan dan kesiapan pihak terkait dalam penandatanganan kontrak pekerjaan jalan menggunakan Asbuton pada saat kegiatan harvesting nantinya.

Pada acara ini diketahui bahwa dari 11 paket pekerjaan preservasi dan/atau pembangunan jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR yang telah terkontrak di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur, terdapat 1 (satu) paket yang sudah selesai dilakukan pengaspalan yaitu paket Preservasi Jalan Slarang - Sampang - Buntu - Bts. Kebumen, yaitu paket dari SKPD PU Jawa Tengah. Selain itu, diperoleh informasi akhir 7 (tujuh) paket menggunakan Asbuton Murni dengan total panjang efektif 45,40 km dan volume 6.414,59 ton dan 3 (tiga) paket menggunakan Asbuton Pracampur dengan total panjang efektif 18,35 km dan volume 424,62 ton. (red)