Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Rapat Koordinasi dan Site Visit Fasilitas Produksi Peralatan Konstruksi PT Komatsu Indonesia


Sehubungan dengan pelaksanaan salah satu program kerja Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi yaitu Pemutahiran Katalog Alat Berat Konstruksi TA 2023, tim penyusun pemutakhiran Katalog Sumber Daya Peralatan Konstruksi Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka pembahasan awal bersama salah satu produsen alat berat dalam negeri PT. Komatsu Indonesia.

Tujuan penggunaan alat – alat berat untuk memudahakan pekerjaan sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah, sesuai dengan kualitas yang diharapkan, dan waktu yang relatif singkat. Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan proyek konstruksi yang efektif, efisien, berkualitas dan andal maka perlu didukung oleh sumber daya peralatan konstruksi. Spesifikasi alat berat menjadi suatu hal yang sangat perlu diperhatikan mulai dari tahap awal perencanaan hingga proses pengadaan. Jenis, volume dan tingkat kesulitan pekerjaan proyek akan sangat menentukan spesifikasi alat berat yang akan dipilih, sehingga dapat dicapai hasil produk konstruksi yang berkualitas dalam rangka mewujudkan industri konstruksi yang kokoh, andal, dan berdaya saing tinggi.

"Tahun 2013 Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi telah Menyusun Katalog Alat Berat Konstruksi. Namun demikian seiring dengan perkembangan teknologi dan jenis/subvaran alat berat, metode penyelenggaraan konstruksi berkelanjutan, perubahan terhadap agen tunggal/vendor dari subvarian alat berat, sebaran dan jumlah distributor alat berat tiap wilayah, dan implementasi peraturan perundang-undangan terkait peralatan konstruksi (alat berat konstruksi), maka perlu dilakukan pemutakhiran terhadap Katalog Alat Berat Konstruksi yang ada untuk memberikan gambaran terkini  dan juga relevan mengenai informasi alat berat konstruksi yang selanjutnya ditampilkan dalam bentuk katalog digital di Sistem Informasi Material dan Peralatan Konstruiksi/SIMPK" ujar Andias Mintoharjo selaku Penanggung Jawab Pengelolaan Material dan Peralatan Konstruksi, Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi. (red)