Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Peninjauan Ke Fasilitas Produksi Aspal Buton Murni PT. Kartika Prima Abadi di Pulau Buton Provinsi Sulawesi Tenggara


Pada hari Kamis, 10 Agustus 2023, dilaksanakan kegiatan peninjauan ke fasilitasi produksi aspal Buton murni PT. Kartika Prima Abadi di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara, Ketua Asosiasi Pengembangan Aspal Buton Indonesia, Direktur Utama PT. Kartika Prima Abadi, perwakilan dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, perwakilan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, dan perwakilan dari Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Sulawesi Tenggara.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi yang diwakili oleh Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Nicodemus Daud menyampaikan, bahwa kunjungan ini menjalankan Instruksi Presiden No 2 Tahun 2022 tentang  Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan juga untuk melaksanakan amanat Peraturan Menteri PUPR No.18 tahun 2018 tentang Penggunaan Aspal Buton untuk Pembangunan dan Preservasi Jalan di Kementerian PUPR, yaitu dalam upaya memastikan rantai pasok material aspal Buton tersedia dalam mendukung program pembangunan dan preservasi jalan di lingkungan Kementerian PUPR.

Dari hasil tinjauan langsung ke lokasi tambang dan fasilitas produksi PT Kartika Prima Abadi, penggunaan bahan  mentah berupa material aspal merupkan bahan alami dan asli dari Pulau Buton Indonesia. Kemudian di olah dalam skala industri menjadi produk aspal Buton murni dan dikemas menjadi barang siap pakai. "Dengan masifnya pembangunan infrastruktur di Indonesia sudah seharusnya aspal Buton digunakan dengan harapan dapat menjawab defisit pasokan aspal minyak nasional yang selama ini dipenuhi dari impor" Ujar Nicodemus Daud.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara, Freddi Siagian menyampaikan bahwa Balai Jalan Nasional sebagai pelaksana pekerjaan konstruksi telah menggunakan aspal asli Buton ini. Sebagai motherland, seluruh jalan wilayah Sulawesi Utara harusnya menggunakan aspal dari buton ini. Selain kualitasnya yang baik dan tidak kalah dari aspal minyak lainnya. Sejauh ini PT.Kartika Prima Abadi telah mengirimkan atau mensupply aspal Buton murni untuk proyek-proyek di daerah Jawa tengah, Jawa timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara.

Terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk nyata kolaborasi antara Kementerian PUPR dengan produsen material aspal Buton murni yang dalam hal ini yaitu PT. Kartika Prima Abadi. Dengan kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi upaya penguatan pengelolaan kapasitas rantai pasok material konstruksi berbasis produk dalam negeri. (red)