Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Penandatanganan Kontrak Pembelian Asbuton Pada Pekerjaan Pembangunan dan Preservasi Jalan Nasional Kementerian PUPR di Wilayah Sumatera


Setelah sukses melaksanakan Penandatanganan Kontrak Pembelian Asbuton pada Pekerjaan Pembangunan dan Preservasi Jalan Nasional Kementerian PUPR di Yogyakarta dan di Kendari, Kementerian PUPR melalui Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi kembali melaksanakan penandatanganan kontrak pembelian Asbuton antara Penyedia Jasa konstruksi terkontrak dan produsen Asbuton, bersamaan dengan acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, Jumat (20/10) di Medan, Sumatera Utara.

Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi telah melaksanakan Forum Temu Bisnis (Business Matching Forum) Penggunaan Aspal Buton Pada Pekerjaan Infrastruktur Jalan TA 2023 di Wilayah Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau pada tanggal 16 Oktober 2023 secara online melalui aplikasi zoom meeting untuk 9 (sembilan) paket terkontrak dengan total kebutuhan Asbuton sebesar 2.342 ton dengan estimasi nilai kontrak sebesar Rp 35.871.549.000,-.

Sebagai tindak lanjut dari Forum Temu Bisnis (Business Matching Forum) Penggunaan Aspal Buton tersebut maka dilaksanakan penandatanganan kontrak pembelian Asbuton antara Penyedia Jasa konstruksi dan produsen Aspal Buton pada 3 (tiga) paket terkontrak yaitu PT. Univista Utama dengan PT. Karunia Sejahtera Sejati untuk paket pekerjaan Preservasi Jalan Jalan Laehewa - Ombolata - Tumula - Faekhuna'a (Kab. Nias Utara), PT. Performa Alam Lestari dengan Adhi-Marga KSO untuk paket pekerjaan Preservasi Jalan Batas Prov. Sumut - Simpang Batang (MYC), dan PT. Hasrat Tata Jaya dengan Trifa - Hasrat (KSO) untuk paket pekerjaan Preservasi Jalan Sp. Lago - Sp. Siak Sri Indrapura (MYC). Kegiatan penandatanganan kontrak ini disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian PUPR dan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Maritim dan Investasi.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Rachman Arief Dienaputra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa: "Penandatanganan Kontrak Penggunaan Asbuton antara Penyedia Jasa dan Produsen Asbuton untuk Penggunaan Asbuton merupakan salah satu bentuk penguatan komitmen penggunaan Asbuton di lingkungan Kementerian PUPR TA 2023 baik dari penanggungjawab paket pekerjaan (PPK/Kasatker), penyedia jasa terkontrak dan pemasok/produsen Asbuton." Kementerian PUPR sebagai anggota dari Tim Gernas BBI sesuai dengan Keppres Nomor 15 Tahun 2021, turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan mengkampanyekan Gernas BBI dan BBWI Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Utara, dimana Kementerian PUPR ditunjuk sebagai campaign manager pada pelaksanaan kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari penguatan pembinaan dan pengelolaan rantai pasok sumber daya material dan peralatan konstruksi khususnya di Kementerian PUPR. (red)