Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Pelaksanaan Coba Uji Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) pada Paket Pekerjaan Infrastruktur Kementerian PUPR melalui SIMPK


Kegiatan Coba Uji Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) level mikro/ Paket Pekerjaan Infrastruktur Kementerian PUPR melalui Sistem Informasi Material dan Peralatan Konstruksi (SIMPK) dilaksanakan selama 2 (dua) hari bertempat di Hotel Santika Premiere Semarang, Kota Semarang – Jawa Tengah.

Pelaksanaan kegiatan coba uji pengukuran kinerja rantai pasok MPK level mikro/proyek melalui SIMPK ini merupakan bagian dari pelaksanaan  salah satu fungsi pemantauan dan evaluasi Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi sebagai upaya untuk memperoleh umpan balik terkait kondisi kinerja rantai pasok material dan peralatan konstruksi (MPK) di lapangan serta menjadi komitmen penyedia jasa bersama suplier untuk memenuhi pelaksanaan pekerjaan konstruksi yang tepat waktu, tapat biaya, dan tepat mutu, ungkap Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Nicodemus Daud, saat membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan proses pengumpulan data melalui pengisian formulir kuesioner Indikator Kinerja Kunci (Key Performance Indicator/KPI) beserta dokumen pendukungnnya melalui SIMPK oleh para penyedia jasa konstruksi yang didampingi langsung oleh perwakilan PPK/Satker masing-masing paket pekerjaan. Selanjutnya dilakukan wawancara medalam (indepth interview) untuk memperoleh keterangan lebih rinci terhadap isian kuesioner KPI sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih utuh untuk dilakukan analisis dan penilaian. Hasil dari pengukuran kinerja rantai pasok MPK ini selanjutnya akan ditampilkan dalam bentuk dashboard spider web chart di SIMPK.

Beberapa proyek konstruksi yang menjadi objek sampling pengukuran kinerja yaitu Proyek pada Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah – D.I.Yogyakarta, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Tengah dan Balai Penyediaan Perumahan Jawa III (Jawa Tengah – D.I.Yogyakarta). (red)