Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Kunjungan ke Fasilitas Produksi PT. Tera Data Indonusa Tbk.


Dalam rangka menindaklanjuti surat dari PT. Tera Data Indonusa Tbk. tanggal 8 Mei 2023 terkait Surat Permohonan Audiensi Kunjungan Pabrik PT. Tera Data Indonusa Tbk. dan dalam rangka memastikan dukungan rantai pasok Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) serta peningkatan penggunaan barang bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Kementerian PUPR, maka Tim Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi, bersama dengan perwakilan dari Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Perumahan, serta perwakilan dari Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Konstruksi telah melaksanakan kunjungan yang dimaksud pada tanggal 11 Oktober 2023 di daerah kawasan Cakung Barat, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

 

Dalam sambutan pembukannya, Direktur PT. Tera Data Indonusa Tbk., Alex, menyampaikan bahwa “Pabrik PT. Tera Data Indonusa Tbk. didirikan pada tanggal 17 September 2007 dan mulai beroperasi secaa komersial pada tahun yang sama.” Perusahaan ini bergerak dalam bidang manufaktur dan perdagangan komputer dan suku cadang komputer. PT. Tera Data Indonusa Tbk memiliki visi yaitu terobosan dalam memberikan teknologi yang kekinian dan terjangkau bagi masyarakat atau yang disebut dengan Innovative Yet Affordable (IYA). Adapun produk yang didistribusikan dengan merk Axioo (untuk komputer, laptop, tablet, dan lain-lain) dan Visipro (RAM, memory, flash drive, penyimpanan, dan lain-lain). Merk Axioo memasuki pasar pada tahun 2004 dan memiliki kapasitas produksi 5.000 notebook setiap harinya. Merk Visipro sendiri dirintis pada tahun 1997 yang berfokus pada PC RAM (DIMM), sebelum merambah ke jenis suku cadang komputer lainnya.

 

Lebih lanjut, PT. Tera Data Indonusa Tbk juga telah lama membangun kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga diharapkan lulusan SMK nantinya dapat memiliki kemampuan dan pengalaman kerja yang baik. Untuk itu, dimungkinkan salah satu faktor yang mempengaruhi PT. Tera Data Indonusa Tbk. mendapat nilai BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) maksimum sebesar 15%. Selain itu, dari beberapa macam produk yang diproduksi oleh PT. Tera Data Indonusa Tbk., sejauh ini nilai maksimum TKDN pada salah satu produknya adalah 37,55%, jenis produk Notebook tipe AXIOO Chromebook.

 

Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Nicodemus Daud, turut mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh tim dari PT. Tera Data Indonusa Tbk. yang giat dalam mendukung penggunaan barang dalam negeri demi kemajuan PDN sehingga dapat berkompetisi secara global di pasar dunia.Melalui pelaksanaan kunjungan ke fasilitas produksi PT. Tera Data Indonusa, Tbk hari ini dimaksudkan untuk memastikan produksi produk Axioo telah dilakukan di dalam negeri dan kemampuan pasokan/ supply juga didukung dengan layanan purna jual (after sales service) yang memadai” ujar Nicodemus Daud. Dengan demikian, dalah hal pengadaan laptop PDN melalui metode e-Purchasing Katalog yang telah tersedia di Katalog Elektronik Etalase Konsolidasi Laptop PDN, salah satunya yaitu Laptop dengan merk Axioo”. (red)