Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Kunjungan ke Fasilitas Produksi Material Kaca PT. Asahimas Flat Glass Tbk


Sehubungan dengan adanya surat dari Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP). tanggal 31 Agustus 2023. hal Undangan kunjungan ke pabrik kaca lembaran PT. Asahimas Flat Glass Tbk dan dalam rangka meningkatkan kapasitas rantai pasok Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) serta peningkatan penggunaan barang/produk bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Kementerian PUPR, maka Tim Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, bersama dengan perwakilan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Jenderal Perumahan, Satuan Tugas Ibu Kota Nusantara Kementerian PUPR, perwakilan Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP), dan perwakilan Indonesian Society of Steel Construction (ISSC) melaksanakan kunjungan ke fasilitas produksi PT. Asahimas Flat Glass Tbk selaku group dari AGC Group di Kawasan Industri Cikampek, Jawa Barat (27/9/2023).

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur PT. Asahimas Flat Glass Tbk, Bambang W. Maulana, menyampaikan bahwa "Pabrik Asahimas yang berada di Cikampek Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1971 dan telah memproduksi Float Glass 720.000 ton, Mirror, 6.800.000 m2, dan Safety Glass 5.800.000 m2. Adapun produk-produk yang diproduksi antara lain Kaca Eksterior Float (Non Coating), Pyrolytic (Reflective dan Low-E) dan Magnetron Coating(Reflective dan Low-E), untuk kaca interior ada Mirox MNGE, Decomirror, Indofigur dan Lacobel".

Lebih lanjut dalam pemaparan pembukaan, Marcomm & Sales Support PT. Asahimas Flat Glass Tbk, Rifan Pramada, menyampaikan bahwa "Asahimas AGC Group merupakan salah satu Perusahaan material terbesar di dunia yang berasal dari Negara Jepang yang telah mendirikan perusahaan di beberapa benua seperti Amerika, Eropa, dan Asia. Tidak hanya terfokus pada Kaca, tetapi juga pada Elektronik, Produk Kimia, Keramik, dll". Untuk di wilayah Asia sendiri terutama untuk pasar Kaca sudah berdiri pabrik di Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Taiwan dll dengan pusat Kantor Asia berada di Singapura. Kemudian ditegaskan oleh Ketua Umum AKLP, Yustinus Gunawan, yang menyampaikan bahwa "perlu disusun suatu buku panduan (user guide) terkait dengan tata cara pemilihan material kaca, pemasangan, sampai dengan pemeliharaannya khususnya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan infrastruktur bangunan gedung. AKLP siap berkordinasi dengan Kementerian PUPR dan memberikan dukungan teknis dalam upaya menyusun buku panduan tersebut"

Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Nicodemus Daud, menyampaikan dalam memimpin kunjungan tersebut bahwa: "PT. Asahimas Flat Glass Tbk diharapkan dapat berkolaborasi penuh untuk mendukung pekerjaan konstruksi khususnya dalam penyediaan pasokan/supply produk Kaca di sektor pembangunan gedung, perkantoran, perumahan, kantin, dan bangunan-bangunan lainnya untuk terus menggunakan produk-produk interior dalam negeri. Selain itu, Kementerian PUPR juga mendukung penuh PT. Asahimas Flat Glass Tbk untuk ikut berkontribusi dalam mendukung pembangunan gedung dan perkantoran yang saat ini terus dilaksanakan di wilayah Ibu Kota Negara/IKN Nusantara". Hal ini juga untuk memastikan kesiapan kapasitas rantai pasok material kaca berbasis produk dalam negeri dalam rangka mendukung penyelenggaraan pembangunan infrastruktur nasional. (red)