Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Forum Pelayanan Publik Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Pada Kegiatan Reaktivasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Yogyakarta


Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) yang dilakukan pada tanggal 22-23 Juni 2023 di Graha Pradita Jogja Expo Center Yogyakarta ini membawa antusias yang cukup besar dari para pelaku UMKK dan mitra Rantai Pasok Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) yang mendukung keberlangsungan acara dengan maksimal dengan jumlah 50 booth UMKK terdiri atas bidang Kuliner, Kerajinan Tangan, Fashion, Furniture, Jasa Konstruksi dll, serta 10 booth perwakilan dari mitra Rantai Pasok Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) yang terdiri atas produsen baja ringan, produsen baja konstruksi, produsen cat, produsen atap bitumen dan solar panel, produsen aspal buton, asosiasi keramik, asosiasi kaca lembaran, dan agen tunggal alat berat konstruksi.

Tak hanya di sektor perdagangan saja Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi yang menjadi penyelenggara kegiatan mengundang para peserta dari berbaagai bidang pemerintahan dari Organisasi Perangkat Daerah, Civitas Akademika, Asosiasi Konstruksi, hingga produsen material dan peralatan konstruksi di daerah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur untuk mengikuti kegiatan berbagai macam kegiatan antara lain, Seminar Pengenalan Produk, Temu Bisnis Jasa Konstruksi dan Pelayanan Publik terkait SIMPK, TKDN, Perizinan Berusaha dan OPD.

Pelayanan Publik terkait SIMPK, TKDN, Perizinan Berusaha dan OPD dilaksanakan pada booth Pelayanan Publik Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi. Pengunjung dapat berkonsultansi langsung menanyakan hal terkait dengan substansi Pencatatan Sumber Daya Material dan Peralatan Konstruksi melalui Sistem Informasi Material dan Peralatan Konstruksi (SIMPK), TKDN, Perizinan Berusaha, dan terkait dengan Pengawasan Penyelenggaraan Konstruksi oleh OPD. Pada kesempatan tersebut, para pengunjung menanyakan terakit dengan layanan Pencatatan SDMPK melalui SIMPK bertanya seputar Input data, validasi, pendaftaran serta dapat validasi ditempat. Kemudian, persyaratan TKDN dan PDN, izin surat menyurat pada Perizinan Berusaha serta perangkat daerah yang menyampaikan aspirasi seputaran konstruksi ke PU-an. Selama tanggal 22-23 Juni 2023 booth tersebut cukup menarik perhatian para pelaku usaha, OPD bahkan dosen. Tercatat 15 Organisasi yang telah berkunjung untuk berkonsultasi terkait permasalahan masing-masing yang langsung dapat diselesaikan dan mendapatkan jawaban yang sesuai.

Dengan demikian, booth Pelayanan Publik Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi pada kegiatan tersebut dapat memberikan informasi yang lebih jelas terkait permasalahan Jasa Konstruksi yang berlangsung di Wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur. (red)