Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Audiensi Pengenalan Aplikasi dan Teknologi Material Alumunium Pada Pekerjaan Konstruksi Bersama PT. Alfo Citra Abadi


Menindaklanjuti surat permohonan audiensi dari PT. Alfo Citra Abadi, maka Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi melaksanakan Audiensi Pengenalan Aplikasi dan Teknologi Material Alumunium Pada Pekerjaan Konstruksi Bersama PT. Alfo Citra Abadi (31/7), secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Pelaksanaan audiensi dibuka oleh Disaintina Ari Nusanti, S.T.,M.M selaku Kepala Subdirektorat Kelembagaan, Material, Peralatan, dan Usaha Jasa Konstruksi yang mewakili Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan masing-masing Unit Organisasi di Kementerian PUPR antara lain Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Jenderal Perumahan, Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi.

 

Dalam sambutannya, Disaintina Ari Nusanti, menyampaikan bahwa informasi dan pengetahuan tentang aplikasi dan teknologi material alumunium pada pekerjaan konstruksi perlu diketahui khususnya bagi para penanggungjawab dan pelaksana konstruksi khususnya bangunan gedung. Meskipun material alumunium sudah lama dikenal dalam keseharian, namun aplikasi material alumunium pada bangunan gedung belum secepat dan semasif material baja ringan. Lebih lanjut, dengan adanya kebijkan afirmasi penggunaan produk dalam negeri saat ini terhadap paket-paket pekerjaan konstruksi di seluruh kementerian/lembaga, maka diharapkan para produsen dalam negeri untuk memperkenalkan produknya kepada kementerian/lembaga dalam mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

 

PT. Alfo Citra Abadi telah berdiri sejak tahun 1981 yang berlokasi di Kota Medan, Sumatera Utara. Bahan baku saat ini 100% merupakan bahan baku inalum yang merupakan bahan impor alumina dari Australia. Nilai TKDN bahan tersebut mencapai 61% dan saat ini PT. Alfo Citra Abadi sedang mengajukan proses peningkatan nilai TKDN agar mencapai 87% dan diharapkan telah selesai tahun ini. Kapasitas produksi per bulannya mencapai 5000 ton dan mayoritas produk saat ini diekspor ke luar negeri, seperti Amerika, Australia, dan negara-negara Eropa lainnya. PT. Alfo Citra Abadi juga telah memperoleh Penghargaan Primaniyarta dari Kementerian Perdagangan secara berturut-turut tahun 2020-2021-2022 sebagai eksportir berkinerja. Untuk diketahui, Penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor dan dapat menjadi tauladan bagi eksportir lain.

 

Dengan demikian, dalam rangka mendukung program peningkatan penggunaan produk dalam negeri/P3DN, mala PT. Alfo Citra Abadi harus segera mengajukan SPPT SNI dan Sertifikat TKDN, dan dapat melakukan permohonan Pencatatan Sumber Daya Material dan Peralatan Konstruksi melalui Sistem Informasi Material dan Peralatan Konstruksi (SIMPK) sesuai dengan Permen PUPR Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pencatatan Sumber Daya Material dan Peralatan Konstruksi. (red)