Logo V.2.0

Galeri Kegiatan

Audiensi Kementerian PUPR bersama PT. Datacakra Solusi Jaganata


Dalam rangka kemajuan teknologi berbasis sistem informasi di bidang infrastruktur nasional di Indonesia, saat ini terdapat peningkatan yang sangat signifikan dengan bermunculannya perusahaan-perusahaan teknologi sistem informasi yang berdaya saing tinggi sehingga bisa bersaing dengan perusahaan internasional. Salah satunya PT. Datacakra Solusi Jaganata yang merupakan perusahaan industri 4.0 dengan fokus di sektor Internet of Things (IOT) yang telah berdiri pada tahun 2019 dan terlah menyelesaikan berbagai proyek di Asia Tenggara.

Kegiatan Audiensi antara PT. Datacakra Solusi Jaganata dengan Kementerian PUPR yang dihadiri oleh perwakilan dari Pusdatin PUPR,Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Jenderal Perumahan, Direktorat Jenderal Bina Konstruski, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi dan Satuan Tugas Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian PUPR. Berfokus pada penjelasan tentang Company Profile dan Capaian PT. Datacakra Solusi Jaganata yang telah bekerjasama dengan perusahaan Multilevel mulai dari Instansi Pemerintahan, BUMN, Swasta hingga perusahaan internasional seperti google, Microsoft, intel dll.

Bapak Wirawan Winarto selaku Chief Executive Officer (CEO) dari PT. Datacakra Solusi Jaganata dalam paparannya menjelaskan tentang 3 (3iga) hal utama dalam Bussiness Proccess yaitu Domestik atau solusi digital yang ditawarkan mendukung prinsip TKDN, Kolaborasi atau terbuka terhadap kolaborasi dengan berbagai penyedia layanan, dan Spesialisasi atau fokus dan berpengalaman di sector Internet of Things (IOT) dengan dukungan tenaga ahli. Dengan kemampuannya PT. Datacakra Solusi Jaganta menawarkan 3 (tiga) Teknologi Sistem yang dapat mendukung pembangunan infrastruktur untuk PUPR yaitu Smart Pole & IoT Gateway, Flood Early Warning System (EWS) dan Fire Early Warning System (EWS).

Teknologi yang ditawarkan oleh PT. Datacakra Solusi Jaganata memprioritaskan kearah pembangunan  Ibu Kota Negara (IKN) dimana pembangunan IKN dengan tema Smart Green City dapat berkolaboasi dengan baik. Lebih dalam paparan Bapak Wirawan Winarto menjelaskan bahwa Teknologi yang ditawarkan yaitu IoT Gateway dengan perencanaan holistic untuk Smart City didiperlukan demi menjaga integrasi dan kedaulatan data, kedaulatan data Smart City dimulai dari Gateway, yang dapat langsung dihubungan dengan sistem Kominfo sehingga semua informasi yang diterima langsung satu pintu mulai dari Fire detector, Flood Early Warning, Enviromental Monitoring, Asset Management dan Energy Monitoring. Sehingga dukungan Smart City untuk IKN akan lebih maksimal.

Dalam integarsi Smart City, PT. Datacakra Solusi Jaganata menekankan untuk Early Warning System atau meningkatkan kewaspadaan  pada 2 (dua) Aspek penting yaitu Flood (Banjir) dan Fire (Api). Flood Early Warning System adalah solusi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir di suatu daerah guna memantau ketinggian air saat hujan, solusi ini dilengkapi dengan sensor untuk mengirimkan data tentang potensi banjir disuatu daerah dengan kemampuan, perubahan ketinggian air secara Real-time, peta lokasi potensi banjir yang akurat, indikator darurat banjir, status ketinggian air, kondisi curah hujan dan prediksi banjir. Bagian dari keseluruhan solusi ini memfasilitasi pemantauan Smart City dengan disajikan dalam sistem yang kaya fitur pada Dashboard yang komprehensif.

Adapun Fire Early Warning System adalah solusi yang mengintegrasikan sensor asap dan pemadam kebakaran yang dirancang khusus Untuk memenuhi kebutuhan Smart City dalam menangani kebakaran. Sistem ini memiliki spesifikasi berikut untuk membantu tindakan awal, Peta lokasi kebakaran berdasarkan lokasi sensor, Notifikasi kebakaran dengan status tingkat bahaya, Rekapitulasi data dalam periode tertentu, Sistem broadcast untuk informasi mengenai, Informasi kebakaran dalam periode tertentu. Sistem ini dapat membantu memantau kebakaran secara dini dan terhubung langsung ke pos pemadam kebakaran. Sistem ini secara langsung menghubungkan setiap sensor kebakaran dengan platform milik internal, ungkap Wirawan Winarto.

Kegiatan yang dilakukan pada hari jumat (16/7/2023) secara daring melalui Zoom Meeting yang dibuka oleh Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi Kementerian PUPR. “Perusahaan Multilevel asal indonesia seperti PT. Datacakra Solusi Jaganata inilah yang kita butuhkan untuk kemajuan teknologi Smart City pada Infrastruktur di Indonesia terutama di IKN yang dimana dukungannya sangat dibutuhkan terutama dibidang kewaspadaan banjir dan tata Kelola data yang kita harapkan dapat bekerjasama dengan Kementerian PUPR dalam membangun infrastruktur dengan basis teknologi, tetapi tetap disini saya tekankan untuk penggunaan alat-alat utama maupun pendukung dapat diproduksi di Indonesia sehingga tidak hanya mendukung teknologinya tetapi juga mendukung Penggunaan Dalam Negeri, jangan sedikit-sedikit kita impor padahal bisa dibikin sendiri disini” ujar Nicodemus Daud.  Dalam penutupan acara yang dimana beliau sangat mengapresiasi kemampuan PT. Datacakra Solusi Jaganata untuk dapat membangun Dashboard IoT yang terintegrasi dengan instantsi terkait dan diharapkan dapat berkolaborasi mendukung pembangunan infrastruktur nasional. (red)